Perbedaan Asuransi Pendidikan Dengan Tabungan Pendidikan

Perbedaan-Asuransi-Pendidikan-dan-Tabungan-Pendidikan-Perencana-Keuangan-Independen-Finansialku

Source : Finansialku.com

Semenjak anak anda terlahir, selain anda memikirkan kebutuhan pokok nya dari pakaian sampai makanan nya biasa nya para orang tua sudah mulai merencanakan dan merancang masa depan nya agar lebih baik bukan hanya kedua hal tersebut yang harus direncanakan dibalik itu semua ada dana pendidikan yang harus dipersiapkan sejak dini.

Tak bisa di pungkiri mahal nya biaya pendidikan sejak Play Group sampai dengan Perguruan Tinggi ini menjadi asalasan utama bagi orang tua mempersiapkan dana pendididkan, bagi budget dana pendidikan yang besar tidak akan menjadi masalah apabila dana pendidikan yang di simpan akan digunakan dari Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi, akan tetapi bagi orang tua yang memiliki budget kecil sebaiknya dana pendidikan nya di focus kan pada biaya kuliah saja.

Setelah anda sudah mempersiapkan semua baru lah anda tentukan mau disimpan dimana dana pendidikan anak anda, apakah mau di asuransi atau mau di bank. Kedua nya ini sangat bagus dan memiliki keuntungan yang berbeda tinggal anda cocok nya dimana. Sebelum anda menentukan pilihan dibawah ini adalah gambaran dari kedua nya.

Secara definisi perbedaan asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan adalah sebagai berikut ;

Asuransi pendidikan adalah kontrak antara perusahaan asuransi dan Anda sebagai orangtua yang menyebutkan bahwa Anda setuju untuk membayar sejumlah premi asuransi secara berkala kepada pihak perusahaan asuransi yang mana premi yang anda bayarkan secara periodik dana tersebut akan dialokasikan untuk asuransi yaitu untuk perlindungan asuransi dan untuk investasi yang bertujuan untuk menghasilkan dana investasi yang lebih besar agar dapat mengejar laju inflasi pendidikan. Sedangkan tabungan pendidikan adalah adalah kontrak antara bank dengan Anda sebagai orangtua yang setuju bank mendebet sejumlah dana secara rutin dari rekening Anda untuk disetorkan ke dalam rekening tabungan pendidikan anak yang mana biasa nya dan pendidikan tersebut mendapatkan bunga 3,5% sampai dengan 6% pertahun nya dan didalam tabungan pendidikan juga sudah memiliki asuransi sebagai perlindungan orang tua.

Perbedaan yang mendasar pada Asuransi Pendidikan dengan tabungan pendidikan adalah sarana pengelolaan uang yang disetorkan kepada perusahaan asuransi dan bank.

Pada asuransi pendidikan uang yang anda setorkan disebut sebagai premi, dari premi ini dibagi menjadi dua alokasi yang pertama alokasi asuransi dimana berfungsi sebagai pelindung apabila terjadi resiko terhadap orang tua atau si pembayar premi ( biasa nya orang tua ) dan anak anda. Didalam manfaat asuransi ini terdapat manfaat santunan duka bagi orang tua dan anak apabila meninggal dunia, manfaat bebas premi apabila orang tua tersebut mengalami sakit kritis, cacat tetap total atau meninggal dunia, manfaat santunan beasiswa bulanan apabila sang orang tua meninggal yang besaran beasiswa nya angka nominal nya pasti sesuai ilustrasi yang ditawarkan dimana dana investasi ini meningkat/naik setiap 3 tahun sebesar 15%. Ini yang menjadikan keunggulan asuransi pendidikan ketimbang dana pendidikan karena perlindungan asuransi nya secara menyeluruh dan lebih konfrensif.

Alokasi ke dua berfungsi sebagai sarana investasi dimana dana tersebut dibelikan unit saham dengan tingkat resiko dan hasil yang menurut anda sesuai dengan pilihan anda.

Pada investasi ini secara simpel nya seperti anda membeli emas, tentu nya harga emas setiap hari bergerak bisa naik dan bisa turun didalam membeli emas jumlah Gram nya yang anda kumpulkan tak terlintas harga emas sedang naik ataupun sedang turun anda konsisten membeli emas setiap bulan, lalu apa tujuan nya beli emas? Tujuan nya adalah anda mengumpulkan jumlah gram nya, apabila jumlah gram nya sudah banyak kemudian anda total kan berapa banyak uang yang anda keluarkan untuk membeli emas sebanyak itu setelah anda mengetahui total uang yang anda keluarkan dan pada saat itu anda bandingkan apabila seluruh emas tersebut anda jual hari ini apakah ada selisih keuntungan dari harga beli dan harga jual tersebut, apabila ada berarti anda untung dan apabila tidak ada selisih keuntungan sebaiknya jangan dijual dahulu sambil anda memantau perkembangan harga pasar

Konsep tersebut sama persis dengan anda membeli unit saham di asuransi pendidikan yang membedakan hanyalah kinerja Investasi unit saham dan kinerja kenaikan harga emas.

UL VS Emas

Source : Google

Gambar diatas merupakan performance dari kinerja investasi Unit Link dan Emas, dari gambar diatas pada saham unit link terdapat kenaikan 14 kali lipat dalam kurun waktu 15 tahun sedangkan pada jenis investasi emas kenaikan hanya 7 kali lipat saja. Ini satu hal membuktikan kinerja investasi saham unit link bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan sarana investasi dana pendidikan agar dana yang disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama tidak tergerus oleh laju inflasi yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *