Manfaat Asuransi Pendidikan Yang Perlu Anda Ketahui

Life-Insurance-Text-300x275

Source Google

Berbicra mengenai asuransi saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk asuransi pendidikan (Insurance Education). namun untuk memilih salah satu produk asuransi tentu saja kembali pada diri anda masing-masing, dan yang paling penting adalah pilihlah perusahaan asuransi yang benar-benar terbukti dan terpercaya, baik dari produk nya maupun dari segi pelayanan nya yang dapt mengayomi semua nasabah nya tanpa pandang bulu meksipun nasabah tersebut premi nya kecil sehingga para nasabah merasa nyaman berada dan memiliki polis asuransi pendidikan tersebut.

Cara Menghitung Dana Pendidikan dan Manfaat Asuransi Pendidikan Untuk Anak Anda :

  1. Ketahui dulu berapa biaya pendidikan saat ini. Bila saat ini anak Anda masih balita, Anda perlu tahu berapa biaya pendidikan saat ini untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.
  2. Hitung, berapa lama lagi anak Anda akan mencapai jenjang-jenjang pendidikan tersebut. Misal, anak Anda baru lahir. Jadi, Anda punya waktu sekitar 4 tahun menyiapkan biaya untuk TK; 6 tahun untuk SD; 12 tahun untuk SMP; 15 tahun untuk SMU; dan 18 tahun untuk PT.
  3. Perkirakan berapa biaya pendidikan anak Anda kelak. Dengan asumsi kenaikan biaya pendidikan 10 persen/tahun, maka uang pangkal TK yang pada saat ini, misal, Rp. 5 juta, setelah 4 tahun akan menjadi Rp. 7.320.500. Rumusnya adalah Rp. 5 juta x 1,1 x 1,1 x 1,1 x 1,1). Ulangi untuk jenjang-jenjang pendidikan yang lain.
  4. Untuk memproteksi biaya pendidikan anak Anda dari resiko kematian orang tua atau ketidakmampuan orang tua mencari nafkah akibat cacat tetap, ambil asuransi jiwa atau asuransi dana pendidikan. Besar uang pertanggungan (UP) dan beasiswa per tahapnya harus bisa mengcover biaya pendidikan anak yang telah Anda rencanakan di atas.
Pastikan keluarga Anda mendapat manfaat asuransi berupa:
  • Santunan untuk Istri/Suami dan jauh lebih baik bila kedua orangtua menjadi pemegang polis bagi asuransi pendidikan anak2.
  • Uang masuk sekolah TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi
  • Uang sekolah per tahun selama TK, SD (6 tahun) , SMP (3 tahun), SMA (3 tahun), serta Perguruan Tinggi (4 tahun)
  • Mintalah ilustrasi kepada agen asuransi pendidikan Anda, sehingga Anda mengetahui berapa besar premi asuransi yang seharusnya Anda bayar agar anak Anda bisa meneruskan pendidikan di sekolah dengan kualitas yang Anda inginkan dan memperoleh semua manfaat di atas.

Memilih Manfaat Asuransi Pendidikan Anak Dengan Tepat



Jika anda telah yakin dengan asuransi yang ada pilih, di bawah ini beberapa tips untuk dijadikan referensi anda yang ingin memilih asuransi pendidikan anak, seperti yang dikutip oleh detik finance :

1. Menghitung Besarnya Biaya Pendidikan
Satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan adalah menghitung dengan teliti biaya pendidikan saat ini dan biaya tersebut di masa mendatang. Pertama-tama, tentukan dimana Anda akan menyekolahkan anak kemudian hitung biaya sekolah tersebut saat ini.

Dengan menggunakan metode Time Value of Money (Nilai Uang Terhadap Waktu), hitung kebutuhan dana tersebut di masa yang akan datang sesuai dengan tahapan kapan anak tersebut masuk sekolah. Banyak orang salah dalam mengartikan dan melakukan perhitungan ini, sehingga sangat dianjurkan untuk benar-benar detail dalam melakukan perhitungan dengan memperhatikan tingkat inflasi dan tingkat kenaikan biaya pendidikan.

2. Membandingkan Besarnya Premi dengan Nilai Tabungan
Langkah selanjutnya adalah menghitung berapa besar premi yang harus dibayarkan ke perusahaan asuransi, kemudian bandingkan dengan nilai tabungan pendidikan yang dapat ditarik ketika masa penarikan tiba. Dari situ dapat dilihat apakah dana yang akan diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan biaya-biaya sekolah anak Anda.

Hati-hati dan harus selalu diingat bahwa biasanya illustrasi dari perusahaan asuransi memberikan nilai investasi yang dapat ditarik (dibagikan) dalam nilai uang sekarang, bukan nilai uang di masa mendatang.

3. Fleksibilitas Penarikan Dana Pendidikan
Hal lain yang harus juga diperhatikan adalah seberapa fleksibel nilai tunai atau tahapan dana pendidikan tersebut bisa ditarik. Banyak dari tahapan biaya pendidikan tidak bisa ditarik kecuali pada tahun-tahun yang telah ditentukan seperti tahun ke-7 untuk masuk SD, tahun ke 12 untuk masuk SMP dan seterusnya. Adapun dengan bertambahnya gizi dan semakin cepatnya anak-anak anda bersekolah maka ada kemungkinan dana tersebut tidak dapat ditarik sebelum saatnya.

Baca Juga : Asuransi Pendidikan Yang Wajib Dimiliki Untuk Anak Anda

Setelah anda menyeleksi nya semua baru lah anda pelajari fasilitas yang ditawarkan pada polis asuransi pendidikan, biasanya manfaat asuransi pendidikan di semua perusahaan asuransi biasa nya sih sama akan tetapi ada berberapa perbedaan sedikit tergantung kebijakan masing – masing perusahaan, beberapa fasilitas dari manfaat asuransi pendidikan diantara nya ;

insurance Benefitsnew

  • Fasilitas Cuti Premi / Premium Holiday

Pada manfaat ini kita diberikan fasilitas cuti dalam membayar premi dalam satu periode, periode nya bisa dipilih oleh nasabah dari 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun dan bagus nya adalah selama masa cuti premi ini perlindungan asuransi nya akan tetap berjalan. Syarat untuk melakukan cuti premi ini diantaranya nilai unit investasi yang telah terbentuk telah cukup untuk mengcover biaya asuransi atau cost of insurance yang berjalan setiap bulan, apabila dana nya mencukupi maka polis tersebut bisa melakukan cuti premi sampai periode yang dikehendaki nya selesai, setelah masa cuti nya premi nya habis nasabah tinggal melanjutkan saja premi nya tanpa harus membayar tunggakan selama masa cuti premi berlangsung.

  • Fasilitas Akomodasi Rawat Inap Untuk Orang Tua

Pada polis asuransi pendidikan biasa nya memberikan fasilitas akomodasi apabila anak yang sebagai tertanggung utama pada polis asuransi pendidikan menjalani rawat inap di rumah sakit, fasilitas akomodasi yang didapatkan biasanya biaya makan orang tua selama menjaga anak nya dirawat inap, dalam hal ini anak harus dibawah usia 10 tahun kebawah, selain akomodasi makan adalagi beberapa macam yang di tanggung anda dapat mempelajarinya pada polis asuransi pendidikan yang anda miliki.

  • Kemudahan Dalam Withdrawal atau Penarikan Dana Investasi Pendidikan

Pada saat penarikan dana investasi pendidikan yang anda butuhkan pada saat anak anda memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, biasa nya pada masing – masing perusahaan asuransi memiliki standart operation procedure untuk withdrawal berbeda – beda tapi umum nya apabila dokument nya lengkap biasa nya dalam 5 hari kerja pengajuan anda sudah disetujui dan akan di transfer kerekening pemegang polis.

Demikian manfaat asuransi pendidikan yang harus anda ketahui sebelum anda mengambil keputusan dalam mengambil polis asuransi pendidikan untuk anak anda, agar benar – benar dalam merencanakan biaya pendidikan untuk masa depan anak anda tepat dan berjalan sesuai dengan harapan kita bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *